Kamis, 19 November 2009

E-COMMERCE


E-commerce

A. E-commerce merupakan singkatan dari elektronic commerce. Istilah e-commerce dapat saja diartikan berbeda-beda oleh setiap orang, yang penting untuk dimengerti adalah persamaan-persamaannya : e-commerce melibatkan lebih dari satu perusahaan, dan dapat diaplikasikan hampir di setiap jenis hubungan bisnis. E-Commerce sendiri merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan secara elektronik melalui suatu jaringan (biasanya internet) dan komputer atau kegiatan jual – beli barang atau jasa (atau mentransfer uang) melalui jalur komunikasi digital.

B. Tujuan dari aplikasi e-commerce adalah :

  1. Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interface-nya menggunakan web browser
  2. Menjadikan portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi (release, product review, konsultasi, etc)
  3. Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif
  4. Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis

C. Infrastruktur e-commerce :

  • Jasa bisnis umum, sebagai jasa untuk proses pembelian & penjualan.
  • Distribusi pesan dan informasi, sebagai sarana pengiriman dan pengambilan informasi.
  • Isi Multimedia dan Publikasi Jaringan, untuk pembuatan produk dan sarana mengkomunikasikannya.
  • Information Superhighway, sebagai landasan utama untuk penyediaan system highway (jalan utama) dimana seluruh aktivitas e-commerce akan menggunakan jalan utama tersebut.

D. Hal yang perlu diperhatikan bagi penjual melalui e-commerce adalah:

  1. Prouduk yang ditawarkan.
  2. Harga yang bersaing dengan penjual lain.
  3. Variasi produk.
  4. Pelayanan terhadap pelanggan.
  5. Kualitas yang baik atau bahkan lebih unggul dari penjual lain.

E. Jenis-jenis dalam e-commerce:

· Business to business (B2B)

· Business to Costumer (B2C) melaluiinternet

· Costumer to Costumer (C2C)

· Government to Nation (G2N)

F. Spesifikasi Sistem untuk Mengimplementasikan e-commerce:

  1. Insfrastruktur system distribusi (flow of good)
  2. Insfrastruktur pembayaran (flow of money)
  3. Infrastruktur system informasi (flow of information)

G. Manfaat yang diantisipasi dari Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:

  1. Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
  2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
  3. Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.

H. Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:

  1. Biaya tinggi.
  2. Masalah keamanan.
  3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons